Senin, 09 Februari 2015

Gua Indah Di Penataran Gunungkidul

Tampak Luar Gua Jomblang 
Mendengar kata Yogyakarta pasti banyak hal yang kita bisa lakukan disini, Ya Jogja merupakan destinasi Wisata yang spesial buat saya. karena Jogja punya paket lengkap Wisata apa saja ada disini baik budaya maupun alamnya yang mempesona. banyak orang ke Jogja pasti belanja di Malioboro atau mengunjungi candi Prambanan dan Borobudur, banyak yang belum tahu kalau di Kabupaten Gunung Kidul banyak wisata alam, selain pantai di Kawasan Gunung Kidul ternyata menyimpan keindahan Gua - Gua yang banyak tersebar. dahulu Gua Gua yang terdapat disini belum banyak yang memanfaatkannya untuk tujuan wisata. namun saat ini sudah banyak operator travel lokal yang menggali potensi wisata Gua.


Mulut Luar Dari Gua Jomblang 
 Gua Jomblang merupakan salah satu gua dari ratusan gua di kawasan Gunungkidul, Gua Jomblang ini terkenal karena keunikan dan keindahannya. Tidak heran jika Gua Jomblang ini dijadikan tempat pengambilan gambar acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011 dan semakin membuatnya populer. Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline, Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. dan itulah yang membuat unik karena didalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang, dan inilah tujuan utama dari Gua Jomblang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar